techno sirayap aspal,…keliling indonesia

techno sirayap aspal,…keliling indonesia

Travelling 4 Comments



Jumad 15 mei 2009, saya di kagetkan dengan informasi dari Lucky Reyner (Direktur Sonia Fm Maumere) dan teman-teman komunitas Punk Maumere. Ada Techno “Sirayap Aspal” mampir ke studio Sonia fm maumere. Dari sekedar ingin tau keanekaragaman yang ada di nusantara (dulunya seh cuma sekedar mendengar dari teman-teman luar jogja yang kuliah di jogja) ternyata ada hal satu hal yang mau di perjuangkan pria asal jogja ini ” Stop Global Warming” . Saya terkesan dengan kemauan Techno, tidak ada motivasi di belakang semua ini, tidak ada sponsor nitip “pesan”, tapi hanya sekedar niat untuk membuat perubahan, belajar kenal Indonesia dari pengalaman, silatuhrami dengan berbagai macam suku daerah, mengenal keanekaragaman suku budaya, pariwisata dan perdamaian, serta ikut kampanye pemanasan global. Berikut kisah Techno yang juga tercatat sebagai pengunjung ke 13.108 di monument 0 km Indonesia dari pj.walikota sabang (T.yusuf,SH)
Agus sutikno nama lengkapnya, Anak pertama dari 2 bersaudara ini mewakili komunitas punk jogja indonesia dan Paguyuban sepeda tua (klasik) “slogki” sederek lare onthel gunung kidul Jogjakarta (persaudaraan anak sepeda).
“Idenya sebenarnya tidak ada mas buat jalan-jalan gini, mungkin karena Suka baca buku, nonton tv (jejak petualang), juga karena banyak info dari teman-teman berbagai suku dan daerah di jogja yang terkenal sebagai kota pelajar. Ini membuat Techno jadi bersemangat untuk berjelajah”.

Tanggapan ortu ? ” awalnya ga di ijinin mas, tapi karena tujuannya bagus, punya tekad dan kemauan, akirnya masyarakat membantu “merayu” ortu agar ngijinin saya jalan”. Dan di disinilah, 19 agustus 2006 Techno pamit untuk perpetualang. Selama hampir 3 tahun tidak lepas silahturami lewat hp dgn orang tua sekedar mengabarkan keadaan nya.
Ketika di tanya bagaimana dengan kuliahnya? Pria asal gunung kidul Jogjakarta ini, sambil tertawa mengatakan ” Mas, techno alumni UGM Jogja alias universitas gelandangan malioboro yang bepetualang sambil mencari cinta”. hehehehehee
” Mulai 19 agustus 2006 dari jogja, 3 tahun ini sudah nyampe banyak tempat mas, Bali, jawa, Sumatra, sabang, batam, tanjung pinang, natuna, Kalimantan, tarakan, sebatik, Sulawesi, ternate, bau-bau, miangas (perbatasan philipine), NTT (larantuka, ende, lembata,sikka),Rencananya setelah NTT ke Irja, Ambon, NTB pulang ke Jawa terus ke istana kepresidenan”

Yang paling membuat Techno ingat rumah?? “Ya lumayan mas, 3 tahun lebaran di hutan terus, Kena malaria , kambuh 7 kali. 3 kali di RS, 4 kali terpaksa di rawat rumah masyarakat “. ujarnya sambil tertawa.
Pernah, bocor ban di tengah hutan (120km dari pemukiman terdekat) di kecamatan kelai kab.berao kaltim. Kelengkapan sepeda sudah habis, ada duit tapi tidak ada yang jual onderdil sepeda. Akalin pake rumput n celana dalam atau sampah plasting biar silingker ma jari2 roda tdk rusak. Tapi mas, itu hanya tahan 15 km dan sepeda tidak bisa dipaksakan lagi,terpaksa nginapin sepeda di “hotel bintang lima” (hutan) terus naik angkot 30-40 km ketemu yang jualan perlengkapan sepeda ,terkadang dapat sumbangan dari masyarakat yang bersimpati ma Techno.
Tgl 05 mei 2009 nyampe kabupaten Lembata dari makasar menggunakan kapal barang. Sempat ketemu Bapak Bupati, “Dapat kenang-kenang dari ibu bupati” ujarnya dengan tersenyum. Dalam perjalanan ke Maumere, tepatnya sekitar Boru, Techno sipaksa “menginap” semalam dan mendapat jamuan dari masyarakat setempat. “Syukur mas, ditengah kelelahan dan teriknya Flores, saya masih bisa mendapat sambutan yang hangat dari masyarakat flores, terkadang kalau ketemu gelapnya di jalan ya, di situ tempat Techno nginap”
Kalau di kota maumere , nyampe kemarin kamis 14 mei jam 18.30 yang di jemput komunitas punk maumere.
Ketika ditanya, di maumere berapa lama ” mas, le nganggo sepeda motor km/jam, tapi ne nganggo sepeda onthel ya kilometer per minggu,plus mampir mas”
“Loe gila, semangat loe gila, tapi loe lebih jauh terhormat ketimbang koruptor” Ujar lucky Reyner sebelum melepas techno pergi bersama komunitas punk mof.

Author

4 Comments

  1. sofyan Merzy Onta May 25, 2016 at 1:08 am

    Mas bro,, kLu boLeh Tau,, biaya abis berapa?
    Brapa Hari?
    Star Dari kota mana?
    Tang's Mas bro sebeLumnya…

Leave a comment

Back to Top